Sabtu, 17 Agustus 2019

Menjadi Pribadi Merdeka


Beberapa tahun yang lalu aku selalu absent untuk menghadiri upacara kemerdekaan yang diselenggarakan oleh perusahaanku. Ada beberapa alasan yang kujadikan senjata untuk mendapatkan sebuah izin, ini bukan masalah tidak nasionalisme kepada bangsa, tapi ini tentang pilihan untuk menjadi pribadi merdeka.

"Apa kau bilang, menjadi pribadi merdeka ?" Apakah kata - kata tersebut dikatakan secara sadar dan dalam keadaan sehat, bukankah Indonesia sudah merdeka. Lalu apa artinya menjadi pribadi merdeka. Masih adakah pribadi - pribadi yang belum merdeka di negeri Indonesiaku ini. Masih adakah sudut rakyat - rakyat yang belum terjamah oleh negeriku tercintai ini.

Menjadi pribadi merdeka adalah hak setiap orang. Jadi, mengapa aku bilang menjadi pribadi merdeka karena bisa mengambil keputusan berdasarkan prioritas yang lebih penting untuk kemaslahatan bersama. Secara tahun - tahun sebelumnya dari tahun 2016 aku baru saja memiliki bayi, tahun 2017 masih memberikan ASI kepada bayi kecilku, dan pada tahun 2018 aku baru mau melahirkan anak kedua. Alhamdulillah tahun 2019 masih menyusi anak kedua, dan masih bisa hadir pada upacara kemerdekaan ini.

Setelah kemerdekaan, jadilah generasi penerus bangsa yang dapat bertanggung jawab atas segala hal yang menjadi tanggung jawab kehidupan, pilih yang lebih prioritas dan perhatikan saudara - saudara disekeliling kita, lihatlah mereka, dan do the best for everyone guys. 

Selamat merdeka.