Senin, 11 Maret 2019

Jurnal Masak : Menu Seminggu Part #1

Jadi Ibu rumah tangga sudah mau masuk tahun ke empat, masa masih belum belajar masak juga. Dengan niat yang baik dan mulai memasuki masa pemahaman kalau jadi Ibu memang butuh sebuah perjuangan bukan pengorbanan. Dengan perjuangan inilah salah satunya, Insyaallah bisa menghantarkan kita ke Syurga nya Allah. Aamiin

Masak memasak bukanlah hal yang mudah, dan juga bukan hal yang sulit. Semua bisa terlihat mudah atau pun sulit tergantung oleh pola pikir atau mindset yang kita gunakan. Baiklah, dalam hal ini saya mencoba membangun pola positif di dalam diri. Mengatakan bahwa Insyaallah saya bisa, karena mereka saja bisa. Bismillah. Do it.

Dan ini adalah hasilnya :) 



Bukan proses yang pendek, untuk menghasilkan jepretan menu seperti diatas. Tapi ada proses seperti ini yang saya lakukan, yaitu :
1. Mencari menu : yang kira - kira seisi rumah suka dengan menu tersebut.
2. Mempelajari proses pembuatannya : dilihat,diperhatikan, didengar, dan terakhir ditulis
3. Mencatatan bahan-bahan yang harus dibelanjakan selama 1 minggu.
4. Belajar proses penyimpanannya.
5. Dan kemudian praktik masaknya.
Alhamdulillah, jadi deh hasilnya.

Dalam proses mencari menu biasanya saya menggunakan media instagram dan youtube. Selanjutnya tinggal disesuaikan dengan informasi yang saya dapatkan semua, dari media sosial tersebut, ngobrol dengan yang sudah lebih senior dan konsultasi dengan mama.

Karena saya juga masih mempunyai bayi yang sedang mpasi, jadi saya mencoba semua bahan yang digunakan harus bisa menjadi bahan mpasi juga, jadi saya tidak diribetkan dengan menu dan bahan - bahan yang berbeda pula. Secara sayakan baru belajar. Apapun yang bisa dipermuda, yuk jalankan :)

Ini cerita belajar masak saya, bagaimana dengan pengalaman belajar masak kamu ?