Kamis, 02 November 2017

Game Level 1 Hari ke 1 - Komunikasi Produktif

bismillaahir-rohmaanir-rohiim

Memasuki materi pertama pada kelas Bunda Sayang dengan topik Komunikasi Produktif membuat saya harus banyak belajar. Hal yang pertama saya lakukan adalah intropeksi diri, sebelum bicara dengan siapa pun harus berpikir terlebih dahulu, kemudian  baru bicara. Kadang diri ini kalau bicara pengen tidak terlihat kalah dari orang. Tapi setelah dipikir apa sih fungsinya kalau kita terlihat sok lebih pintar dari orang. Merasa derajatnya lebih tinggi ? Haduh capek deh. Hanya Allah yang dapat membuat seseorang memiliki derajat di mata orang lain. Sesungguhnya diri ini tidak memiliki apa - apa hanya saja Allah sedang menutupi semua aib yang hamba miliki. Semoga tidak hanya menjadi tulisan belaka. 
Selanjutnya, melihat kanan dan kiri. Ternyata saya hidup dikelilingi oleh banyak orang yang memberikan arti dalam hidup ini. Dari mulai anak, suami hingga keluarga besar yang tidak bisa namanya disebutkan satu per satu. Sudahlah basa basi percakapan ini, waktu nya menceritakan apa yang terjadi hari ini setelah menjalani tantangan ke 1 di Game Level 1.

Pagi ini, setelah sholat subuh dan aktifitas lainnya. Saya mencoba melakukan komunikasi yang lebih produktif dan efektif dengan suami. Topik yang saya pilih untuk di diskusikan adalah penggunaan anggaran bulanan. Mengkomunikasikan semua pengeluaran yang harus dikeluarkan dan mendengarkan suami yang juga menyampaikan atas semua anggaran yang beliau keluarkan di bulan November ini. 


Kemudian, di lanjutkan dengan diskusi terhadap usaha yang sedang dirintis. Membicarakan nota - nota yang terkumpul, bisa berupa nota hutang ataupun piutang usaha. Sering sekali saya ngambek akan nota - nota yang terselip. Ngambeknya sampai kebawa pada urusan pribadi antara saya dengan suami. Ini waktunya saya berubah, agak kesel dengan hal nota - nota yang terselip pada usaha yang dirintis tapi belajar tidak membawa masalah tersebut kepada hubungan saya dan suami.

#hari1
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar