Selasa, 04 Juli 2017

Langkah Awal Perbaikan Diri - Daily Planner Printable

 Alhamdulillah masih di bulan Syawal. Ijinkan saya untuk mengucapkan "Taqabbalallahu minna wa minkum" Semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian. Minal Aidin Walfaizin - Mohon maaf lahir dan batin. Rasa syukur yang begitu besar saya masih diberikan kesempatan untuk bertemu dengan bulan Ramadhan 1438 H dan bertemu dengan Hari Raya Idul Fitri.

Nikmat yang besar ini tidak boleh terlewat begitu saja, harus ada perubahan besar yang harus saya lakukan. Saya mulai memberikan tantangan kepada diri saya untuk melakukan ibadah rutin yang harus saya perjuangkan. Saya harus mulai berpikir apa yang harus saya lakukan, ilmu apa yang ingin saya capai, dan bagaimana untuk saya mencapainya dan kemudian apa manfaat atas ilmu tersebut. 

Bagaimana saya mulai belajar memahami atas ayat yang telah Allah firmankan yaitu surah Al Insyiraa 94 ayat 7 dan 8. Yang mana bunyinya seperti ini :


Artinya : Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain), (7) dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap. (8)

Waktu adalah pedang, maka apabila tidak bisa digunakan dengan baik maka ia akan dilibas masa depannya. Bagaimana tidak pedang ? Karena kita tidak bisa memutar waktu yang telah berlalu dan mengulang kejadian yang telah terlewati. Benar - benar dilibas gak sih waktu kita ? seandainya kita selalu menyiakan waktu luang dengan tidak mengisinya melalui kegiatan - kegiatan yang bermanfaat. Aduh aduh fitri bangun bangun jangan sombong udah jadi orang baik, melakukan kebaikan ini itu, padahal kalau dibandingin sama orang baik diluar sana belum ada apa - apanya.... Istigfar yuk guys.... "Astagfirullah" Jadi ingat, kalau sudah selesai melakukan sesuatu urusan, lanjut lakukan urusan kebaikan yang lain. 

Tetaplah bekerja keras.... think ... think ... think bekerja keras itu menurut saya berarti khusyu atau bersungguh - sungguh. Saya harus belajar melakukan segala sesuatu urusah dengan sungguh - sunggu bukan asal dikerjain dan asal yang penting Alhamdulillah Selesai. Hhhmm ... sia - sia asal selesai - selesai aja. Karena dengan kesungguhan pasti ada sesuatu yang dipelajari, dimengerti dan dipahami. Sehingga jadilah ilmu berharga yang dimengerti dan dapat diamalkan menjadi amal yang bermanfaat. Jadi ingat, belajar sungguh - sungguh, jangan asal dikerjakan, asal selesai apapun itu urusannya.

Hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap. Merenung sejenak, saya mulai berpikir ini kembali kepada niat tulus nan ikhlas yang harus saya perjuangan terhadap segala sesuatu urusan yang saya jalankan. HANYA KEPADA TUHANMULAH ENGKAU BERHARAP. Luruskan niat, karena segala kegiatan bergantung kepada niatnya dan apakah ada yang dapat memenuhi niat kita kalau bukan Sang Maha Pencipta ... Allah SWT ? Sejenak saya menjawab dalam hati. Kamu ?
Dari surah dan ayat yang menjadi pembelajaran untuk diri saya pribadi. Saya membuat Daily Planner, saya berniat untuk istiqamah mengisinya. Saya berharap Allah membimbing saya untuk terus memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih bermanfaat atas kebaikan. Dan semoga daily planner ini juga bisa digunakan oleh teman - teman yang sama - sama sedang berjuang untuk melawan kemalasan yang tumbuh didalam diri. 

Keep fighting ! Allahu Akbar !

Print disini ! Daily Planner
Print disini ! Monthly Report

2 komentar:

  1. Terima kasih mbk,
    motivasi yang sangat menarik dan membuat saya teringat dengan yang pernah saya baca dulu...dan mempu untuk membuat setiap orang yang membaca jadi tergugah untuk selalu bersungguh-sungguh dalam melakukan suatu urusan

    Semoga bermanfaat untuk semua,,,

    Salam

    BalasHapus
  2. PR nya sma kaya aku mbaa. Aku parah nih udah pakai diar planner ya sering dilanggar juga hadeuuh..

    BalasHapus