Selasa, 24 Januari 2017

YOU ARE TRAINER

Alhamdulillah tahun 2014 lalu mendapat kepercayaan dari sebuah perguruan tinggi di Jakarta untuk mengisi pelatihan pada kegiatan "Training of Trainer" atau biasa yang disingkat dengan TOT. Dan hari ini, baru bisa menuliskan pengalaman tersebut. Sebenarnya, kalau saya mendapatkan undangan menjadi seorang pelatih, guru, atau apapun namanya terkadang hati ini berkata, "apakah saya bisa dan sudah pantas untuk memberikan sebuah pelatihan?" ... Setiap pertanyaan yang timbul di hati ini menjadi sebuah cambukan untuk selalu dapat memperbaiki diri menjadi lebih baik dari hari ke hari. Kemudian, mengingat kalimat "sebaik - baiknya manusia adalah yang dapat memberi manfaat", dikala undangan sebagai sebuah amanah tersebut hadir, saya harus terus belajar untuk memberanikan diri. Semoga apa yang dititipkan Allah kepada diri saya memang menjadi manfaat untuk orang - orang yang berada di sekeliling saya, terutama kepada diri saya sendiri sebagai bekal kehidupan yang abadi.

Let's ini beberapa permainan yang saya lakukan bersama teman - teman yang sedang di training untuk menjadi seorang trainer. Let's check it !!
Walaupun outbound dilakukan oleh pria dan wanita tapi saya harus tetap patuh dan taat pada perintah Allah. Karena pria dan wanita yang belum halal tak boleh bersentuh, jadi saya harus tetap melakukan teknis permainan ini menjadi asyik dan seru tapi tetap barokah. Islam itu indah. Dari bangun tidur sampai tidur lagi semua sudah memiliki aturan masing - masing. Tinggal bagaimana pribadi kita yang menjalani. Mau ikhlas dan taat untuk mendapat ridho Allah atau melanggar perintah-Nya. It's your choice. 

Ini permainan lawan saya, jadi apa yang saya katakan, mereka akan melakukan dengan melawan perkataan saya. Contoh seperti ini, Maju ... dan mereka akan melakukan Mundur, kemudian Mundur ... dan mereka akan melakukan Maju. Kanan , kir dan seterusnya. Mereka akan selalu melakukan perlawanan dari kata perintah yang saya sebutkan. Serukan ... ini melatih fokus. Ketika mereka tidak fokus, terjadi deh tabrakan. Ups..... No real hard incident here ! Santai aja :)
Speech ... Ya melatih teman - teman untuk berani berbicara depan umum. Karena kebenaran yang tidak di sampaikan akan tertutup oleh kebohongan yang selalu di umbar. Iya gak sih ?? So, jadi benarlah prinsip ini yang harus kita pegang "berkata baik atau lebih baik diam". Sampaikanlah jika ingin di sampaikan ...
Hai ... kalian sedang apa ?? Ups ... mereka teman - teman yang baik. Mendengarkan instruksi dengan seksama dan hikmat.... lah disangka upacara kali ya ! Hee. Sersan aja kali .. serius serius santai. Loh ini udah posisi Sersan kali ya :)
Seru loh permainan ini. Yang harus disiapkan adalah karet gelang dan sedotan. Kemudian buat kelompok dan instruksikan untuk berbaris. Kumpulkan semua jumlah karet pada satu orang yang sebagai pemimpin kelompok dan beradi diposisi paling depan, kemudian ketika permainan di mulai, ketua kelompok akan berbalik arah, kemudia teman kelompok selanjutnya akan mengambil karet dan mengoper sampai ke belakang pada barisan terakhir, begitu seterusnya. Hingga jumlah karet tersebut berapa pada teman kelompok yang berada di belakang. Finish. The first group to finish this game...he is the Winner.
Cekrek.... Sudah jadi foto bersamanya. Pelatihan bersama saya selesai sampai disini. 
Terima kasih. Sampai bertemu di lain waktu dan di lain tempat.



Salam Hangat


1 komentar:

  1. Seru banget sih trainingnyaa... :D. Yg begini nih yg aku bakal seneng, ga ngantukin dan bikin bosen mba :).

    BalasHapus